Selamat Hari Batik, Pada Tahu Batik Gumelem?

Hello semua, SELAMAT HARI BATIK NASIONAL ya... Berhubung hari ini hari batik, saya akan mengepost mengenai batik juga. Yaitu mengenai Batik Gumelem Banjarnegara.  

batik, gumelem, batik gumelem, motif batik gumelem
http://rosnahindarti.wordpress.com/
Di Kabupaten Banjarnegara (Jateng) terdapat centra batik tulis khas yaitu Batik Gumelem. Dinamakan batik gumelem, karena memang produksi batik ini berada di desa Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara.  Batik di desa ini diproduksi oleh warga-warga dalam naungan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Untuk mencapai ke desa Gumelem, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, karena memang berada di pinggir jalan raya. Bisa dari arah Banyumas maupun Banjarnegara.


Berbeda dengan tempat lain, motif khas batik gumelem adalah "rujak senthe" dan "udan rilis" yang diproduksi secara turun temurun oleh warga sekitar. kalau ingin melihat motif-motifnya silakan kunjungi : www.batikgumelem.com

Bagi anda yang ingin memakai dan memiliki batik ini, anda bisa membelinya di toko-toko di Banjarnegara. Atau kalau yang pengin lebih berkesan, datang langsung saja ke desa Gumelem, sekalian melihat proses pembuatannya.

google doodle, batik day, hari batik, google batik
"SELAMAT HARI BATIK"
arans etiadi, batik, hari abtik, selamat hari batik, batik gumelem
Numpang eksis pakai batik mas bro

No comments

Terimakasih sudah berkunjung. Tinggalkan komentar anda.

© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.