Tips Anti Galau Setelah Lulus Sekolah (SLTA only)

Hallo semuanya, gue mau share tips buat loe semua biar ngga galau setelah lulus dari SMA/SMK/sederajat. Loe ngga usah bayar buat dapetin tips ini. Tips ini gratis dari gue, sesuai dengan pengamatan gue ke temen-temen gue dan gue sendiri. 

kuliah, kerja, kuliah kerja, galau
Masa sekolah memang masa yang paling menyenangkan. Apalagi sekolah gue dulu di SMKN 2 Bawang. Gue rasain sendiri, waktu gue SMK, gue rasa asik banget. Bisa kumpul dan ndopok tetek mbengek sampai kerongkongan kering. Dan hal-hal unik menarik lainnya yang tidak kita temukan selain disekolah.

Tapi yang namanya hidup memang tidak selamanya enak. Saat loe udah menjelang ujian
nasional. Tugas dan soal latihan menumpuk. Rasanya kepala pecah. AAAAAAA!!!!! Tapi mau gimana lagi, kita anak sekolah men :) Ya harus njalanin semua hal itu. Siang malam belajar. Tingkat sholatpun naik sampai berkali-kali lipat. Bakar menyan sana-sini. Iya kan?

Nah, kalau udah masuk ujian. Saat ngehitamin lingkaran jawaban, rasanya tangan bergetar  dan berkeringat. Padahal guru sebelumnya sudah memberikan tips biar ngga tegang saat ujian. Tapi kalau tips dari gue biar ngga deg-degan ya berdoa aja hehehe...

Nah, kalau udah ujian terus gimana?

Sebenernya kalau nentuin mau gimananya setelah lulus sekolah itu udah di siapkan sebelum ujian loh. Ia beneran.

Sebelum Ujian

Apa yang harus lo lakuin sebelum ujian?
  1. Tanya kepada diri sendiri
    Tanyain, lo itu maunya jadi apa. Mau jadi polisi, tentara, pengusaha, pedagang, peternak atau cuma mau jadi penagguran. Itu terserah loe. Yang penting loe mikir. Loe kan mau punya anak. Anak loe mau makan apa? Makan rumput? 

  2. Tanya kepada orang tua
    Nah, kalau loe bingung nentuin apa yang loe mau. Diskusikan sama orang tua. Mereka pasti tau lah. Mereka kan juga pernah muda. Tapi loe harus liat. Orang tua loe itu kaya gimana. Kalau orang tua loe sory agak ndeso ya loe lebih baik diskusikan dengan orang tua temen loe. Atau ngga keluarga loe yang lain lah. Yang bisa buat hati dan pemikiran loe cerah kembali.

  3. Tanya kepada Tuhan
    galau, berdoa
    Allah tempat meminta petunjuk (sumber: kaskus.com)
    Nah, kalau udah sampai langkah kedua masih bingung, tanyain saja sama Allah. Bisa sholat malam, minta petunjuk. Allah pasti memebrimu yang terbaik. Cara ini paling ampuh menurut saya.

  4. Cari info kuliah
    Nah, kalau loe pengin kuliah. Tentuin juga mau jurusan apa. Harus sesuai kemampuan loh, jangan keinginan. Misalkan utak loe itu pas-pasan. Ya loe milihnya jangan jurusan antariksa deh. Mikir :) 
    Info kuliah bisa didapat di web masing-masing akademi. Atau biasanya ada penawaran dari akademi ke sekolah-sekolah. Nah loe ikutin, ngga usah malu. Loe orang dia orang kan. Loe pengin sukses kan? Nah..

  5. Daftar Kerja
    Nah, buat loe yang minat banget buat menjadi pekerja, entah itu pekerja kasar maupun lunak :) loe juga harus udah menyiapkan dari sebelum loe ujian. Biasanya ada lowongan pekerjaan disekolah. Loe dafatrin aja. Kalau bisa semuanya. Tapi liat uang loe juga. Kan lebih baik nentuin mana yang mau diangkati dari pada mau dipilih buat di daftar kan? #awesome

Sesudah Ujian

Kalau loe udah nentuin apa yang mau loe jadikan pilihan. Kuliah? Kerja? Loe siap siap untuk mengikuti ujian. Kalau ujian dah selese loe bisa coba tips dari gue.
  1. Daftar kuliah
    Loe harus sesegera mungkin untuk cari informasi mengenai akademi mana yang mau loe daftarin. Mualai dari keuangan, administrasi, lokasi kost, dll. Pokoknya loe harus bergerak cepat tetapi pasti. Jangan sampai loe ngga diterima di universitas gara-gara loe telat bayar administrasi #konyol

  2. Daftar Kerja
    lowongan kerja
    harianjogja.com
    Loe juga harus sering nyari informasi lowongan di BKK ke atau dari temen. Pokoknya loe juga harus gerak aktif biar loe ngga nganggur. Malu bro ngaggur. Bokap loe yang malu. Loenya si kagak :)
Yang penting dalam mencapai semua itu loe harus selalu beribadah dan berdoa kepadanya. Insyaallah Allah memberikan jalan terbaik buat loe. Ok.

Sekian tips dari gue, semoga bermanfaat. Gue jamin loe ngga bakal galau deh.  Jangan lupa komen gaes. Kalau ada yang mau ditanyain-tanyain aja.
© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.