Simongan Tak Akan Ku Lupa #Part2

Helo gaes :) Kali ini, gue mau cerita kembali tentang kesemaptaan gue di Simongan. Ngelanjutin cerita yang lalu, yang part 1. Nah, biar lebih afdol dan mudeng waktu baca cerita ini, baca dulu yang part satunya di sini

Ok, kita lanjut di hari keempat.

Hari Keempat

"LAPOR! PESERTA PELATIHAN DIKLAT PT. PLN (PERSERO) JUMLAH 78 HADIR LENGKAP!"

Ucapan laporan dari pemimpin apel begitu lantang diucapkan pagi ini. Mengawali kegiatan resmi diklat kesemaptaan PLN SMA/SMK Angkatan 9.

Di hari keempat gue di Simongan ini, aktifitas rutin seperti mandi, sholat, makan, olahraga dll, sudah kami rasakan terbiasa. Toh untuk seterusnya juga akan seperti itu. Disiplin dan semangat. Ini juga melatih siswa untuk disiplin dan semangat saat sudah terjun ke dunia kerja nanti.

kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Pemberian materi navigasi darat

Hari ini tidak begitu melelahkan, pelajarannya berlatih dan mempelajari navigasi darat dan survival. Pelajaran mengenai navigasi darat ini dibimbing oleh Pak Suseno SH.. Oleh pak Seno ini, kami diajari banyak hal mengenai;
  • Teknik mempelajari peta;
  • Teknik memakai kompas;
  • Teknik melaksanakan orientasi medan;
  • Azimuth
  • Cara menentukan titik kordinat;
  • dll
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Navigasi darat sebagai bekal informasi siswa
Untuk prakteknya, kami dibagi menjadi beberapa kelompok, campur. Terus ketua kelompok di pinjami kompas dan instruktur mengajari kami, bagaimana cara menggunakannya. Aku si udah pernah pakai, jadi ngga terlalu bingung. Lingkupnya juga masih di area brimob, ngga masuk hutan-hutan. Kurang asik memang, tapi kan emang hutan di Semarang udah jarang. 
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Praktek navigasi darat
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Mahmud dan Anggie sedang praktek
Selanjutnya kami diajari materi survival. Ini sangat penting, karena kami nantinya di hari ke-7, akan mengadakan survival.
  • Teknik survival; 
  • STOP (Sitting, Thinking, Observasing, Planing)
  • Menggambarkan, menjelaskan, bertanya dll.
Alahmdulillah hari keempat ini tidak begitu melelahkan, tapi banyak ilmu yang kami dapatkan. Masih enam hari lagi disini. Semangat!

Hari Kelima

Hari ini gue kebagian jadi danton (komandan pleton). Danton itu sama kaya ketua regu. Jadi selama sehari ini, aku akan mimpin pleton aku. Aku yang maju laporan dll.

"LAPOR PLETON SATU JUMLAH 25 HADIR LENGKAP LAPORAN SELESAI!"

Ya, kurang lebih seperti itu. Awalnya memang males sih, tapi untungnya bisa dibilang sukses lah. 

Eh, paginya suruh jalan jongkok karena paginya telat kumpul waktu sholat subuh. Sebenernya aku si ngga telat, tapi ada aja yang telat. Jadi kena satu kena semua. Hukum korsa disini berlaku bro -_-.

Selanjutnya kami mengikuti pelajaran tentang psikologi terapan. Psikologi terapannya, kami harus berpasang-pasangan. Aku pasangan sama Risang. Sekarang dia ditempatin di Bali. Terus mata dari salah satu ditutup. Aku kebagian ditutup. Matanya ditutup pakai penutup mata, tulisanya AKPOL. Dari aula terus sholat kemudian makan matanya masih tertutup. Kecuali waktu sholat dan wudhu. Lo pikir sholatnya bakalan khusuk. Tetapi gue ngga dibiarin jalan sendirian lah. Tetap pendampingku si Risang megangin aku terus, co cweet banget kan :)
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Makan pun tutup mata
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Ngantri Makan :)
Pas lagi istirahat kan tetep ditutup matanya ya. Malah sama temen-temen suruh PBB. Ya hasilnya acak-acakan ngga jelas hahaha..

Akhirnya kami dikumpulkan lagi di aula. Dan terus aku cerita di depan rasanya itu gimana hidup dengan mata tertutup. Sungguh kita harus bersyukur masih memiliki mata yang sehat kawan.
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Munardo sedang bercerita
Selanjutnya kembali kami melaksanakan PBB dan saya rasa untuk hari kelima ini, penampilan dan gerakan kami lebih bagus dan rapih. Selanjutnya sharing-sharing dari pembina seperti biasanya.

Hem, hari kelima yang sangat menggembirakan dan asik. Makasih risang telah menjagaku hahaha... salam buat temen-temen di Pulau Dewata.

Hari Keenam

Ok, hari ini kita masih melanjutkan materi mengenai psikotes terapan. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian kami melewati jaring laba-laba secara bergantian dengan dibantu sebuah papan. Awalnya si mudah pas yang lewat badannya kecil-kecil. Tapi pas gue lewat, semuanya menggunakan tenaga ekstra hahaa... Tapi untungnya kami berhasil. Ok kawan, kita luar biasa.
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
Penjelasan jaring laba-laba
Setelah dzuhur, kami kembali mengikuti permainan. Kali ini kami harus menuju ke seberang dengan menggunakan susunan drum dan papan. Dari kelompokku banyak yang jatuh. Hahaha... Tapi akhirnya bisa lewat juga.

Eh, waktu mau makan siang kan biasanya lari 3 putaran lapangan, tapi kali ini malah 4 putaran, otomatis gue yang gemuk ini ngelambatan kan. Ya dipecicili lah nang Pak Damanhuri :)

Untuk PBBnya kami menjadi lebih bagus lagi. Kayaknya tiap hari PBB. Tapi aku lebih suka PBB si. Tapi kalau PBB sampai berjam-jam cape juga sebenernya.
kesemaptaan pln, pln angkatan 9, simongan, diklat pln, prajabatan 9
PBB menjadikan siswa disiplin

Dan malam kembali tiba, kami beristirahat untuk mengumpulkan tenaga untuk puncak acara besok pagi.

Ini baru sampai harikeenam. Untuk hari-hari berikutnya, akan saya share yang akan datang :) OK. Terimakasih

"Bagimu negri...
Jiwa raga kami..."
© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.