Tipe-Tipe Orang Naik Motor yang Sering Lewat di Depan Rumah

Indonesia, negeri dengan berjuta keanekaragaman ini adalah negeri indah yang sudah gue tempati selama 19 tahun. Dan rumah yang gue tinggalin sekarang, berada di pinggir jalan raya. otomatis, kalau gue sedang duduk-duduk di depan rumah, berbagai jenis kendaraan mulai dari sepeda, motor, mobil hingga tronton pun udah pernah gue liat lewat depan rumah gue.

Dari berbagai momen lewatnya kendaraan, gue sering banget memperhatikan hal-hal yang bikin mata gue mengikuti jalannya kendaraan yang lewat. Jadi gue liatin tu dari kanan ke kiri, kiri ke kanan sampai ngga terlihat lagi. Dan kembali menyaksikan kendaraan lain.

Dari hal tersebut, gue agak "fokus" sama orang-orang yang naik motor. Lebih fokus lagi sama yang kalau naik motor suka "nyleneh". Nah, enaknya gue bahas ini nih, Tipe-Tipe Orang Naik Motor yang Sering Lewat di Depan Rumah gue.

1. Naik Motor Biasa

Naik motor biasa adalah naik motor yang wajar seperti biasa pada umumnya dengan kondisi yang berbeda. Jadi, orang itu naik motor misalkan mau berangkat kerja, mau sekolah, mau kondangan, mau kepasar dll. Semua itu wajar dan ngga begitu menarik mata. Karena memang sudah biasa gue lihat.

2. Naik Motor Buru-Buru

Orang yang biasa naik motor buru-buru itu orang yang ngga sayangs ama nyawanya. Kenapa? ya kan kalau buru-buru biasanya cepat tapi ngga ngebut. Fokus banget sama tujuannya, biasanya lupa sama sekitar. Jadi maunya menang sendiri. Sering nih gue liat, kalau jam-jam berangakat sekolah. Hem, ngga murid, ngga guru sama aja :)

3. Naik Motor Ngebut

Orang yang suka ngebut kalau naik motor mungkin dia orang yang lagi pamer. Biasanya pamernya sama temennya. Awalnya di dempetin temen waktu naik motor pelan. Terus akhirnya bilang "Gue duluan ya" ngeengg!!! ngebut deh. Kondisi lain saat orang ngebut kalau udah mendekati sekali waktu masuk kerja atau sekolah. Hem, saling kebut mengebut. Saling tan tan tin tin. kalau depannya berhenti mendadak marah-marah. Sama-sama oon tapi bikin masalah hahaha... konyolnya. 

Tapi yang sering gue liat kalau orang ngebut ya itu tadi, biasanya anak laki-laki yang sedang pamer aja. Apalagi kalau motornya gede (moge), bunyinya nggerung kaya ada roket jatuh.

4.  Naik Motor Sambil HPan

Gue heran juga sama tipe yang ini. Apa saking ngga ada waktunya buat berhjenti balas sms atau angkat telefon gitu. Atau sebenernya buat gaya-gaya aja. Dari pada ngga ada kerjaan. Baik cowo maupun cewe, gue udah pernah liat yang tipe ini. Biasanya mereka habis pulang sekolah atau kerja. jam-jam sante lah. Liatin hp, liatin depan, liatin hp, liatin depan. Malah gue pikir mereka sedang main flapy bird hahaha...
hpan motor, motor hp, tipe orang naik motor
Naik Motor Sambil Main HP dilarang
Tapi kalau yang mbonceng yang hpan si ngga papa. Malah kalau sambil selfie lebih bagus. Di upload ke instagram hastagenya #selfieontor (selfie on motor) :)

5. Naik Motor Overwight

Tipe yang ini ada dua macam yang pertama, bawa barang. Orang naik motor yang bawa barang biasanya bawanya itu jajanan buat kulakan gitu. Jadi jajannya ada yang di depen tumpuk sampai seleher, yang belakang tinggi banget melebihi kepala. Pokoknya hampir ngga kelihatan orangnya lah. Apalagi kalau ditambah sak samping. Tambah lucu dilihatnya. 
overwight, naik motor overwight
Bawa Barang Dagangan jangan berlebihan bos
Terus, kalau lagi hari pasar ikan. Hari rabu dan Minggu. Pasti ada yang bawa sos sampai berpuluh-puluh ikan. Ada yang bawa ikan banyak. Ah konyol lah. padahal over wight barang ngga boleh loh sama UU Kepolisian. 
overwight
Ini lebih over

Tipe yang kedua adalah bawa orang. Motor itu punya yang namanya kapasitas berat. jadi misal motor A kapasitasnya 150kg. Jadi hanya bisa dinaiki sama orang yang total beratnya maksimal 150kg. Tapi pernah liat juga yang depannya gendut, belakangnya juga gendut. Itu mending. Dari pada yang depan kurus belakangnya gendut, bisa jumping tuh motor hahaha...

6. Cenglu

Tau cenglu kan? "Boncengan telu" kalau di bahasa Indonesiakan jadinya Berbonceng Bertiga. Nah, UU Kepolisian juga melarang untuk adanya cenglu ini. Kalu dipikir-pikir benar juga dilarang. Soalnya gue juga pernah cengluan dan gue di depan sendiri. mbeloknya itu susah lo bro.. berat banget.
cengluan
Nabilah JKT48 sama temennya
Biasanya tipe cenglu yang gue lihat di depan rumah sih

Cowo-Cowo-Cowo (cococo)
Ini kalau posisi kaya gini engga enak banget, apalagi kalau tengah. Males banget diapit sama dua cowo. Hahaha,,, mending diapit sama cewe :)

Cowo-Cowo-Cewe (cococe)
Nah, ini yang cewe biasanya habis kumpul-kumpul yang rumahnya jauh tapi ngga ada kendaraan buat pulang, satu satunya cenglu sama dua cowo ya udah. Beruntungnya yang tengah hahaha..
Biasanya juga cewe yang bonceng di belakang itu cewe ngga bener. Dipikir sendiri ngga benernya kenapa :)

Cocece
Nih biasanya  si cowonya pacarnya cewe yang ditengah, nah cewe yang dibelakang itu sahabatnya cewe yg ditengah. Jadi ya kaya gitu, kalau cewe yg ditengah bermesraan ya cewe yg dibelakang mainan HP hahaha
cenglu
Keluarga yang tentram
Cecoco
Tipe ini jarang sekali terlihat tapi pernah juga liat. Biasanya yang cenglu kaya gini itu ibu-ibu bawa dua anaknya hahahaa... Kalau remaja yang kaya gini kayaknya jarang ya.

Cecoce
Model apitan cewe gini, kalau gue yang ditengah pasti udah ngga tahan hiks. Bayangin aja bro, lo kuat ngga. Hahaha.. #youknowit

Coceco
Nah, model yang kayak gini sungguh tidak bisa dibayangkan. Itu cewe pasti orang kagak bener dalam kurung memang yang ngga bener. Tapi kadang yang namanya kondisi ngga bisa dibayangin. Mungkin saja si cewe lagi pingsan. Tapi posisi kayak gini mohon dihindari ya. Ngga enak banget kalau liatnya.

7. Naik Motor Yang Disupatani

Tau disupatani? Ya itu istilah jawa yang artinya dikatain tapi yang jelek-jelek, ya semacam nyumpahin gitu lah. Misalkan, itu orang semoga jatuh dari motor. Nah, orang yang disupatani, biasanya naik motornya ngebut banget dan motornya didesain supaya berbunyi keras. Kalau gue liat-liat si motornya seringnya itu ninja-ninja kecil gitu.

Pernah loh, ada orang di desa gue yang lagi ngaji di mushola. Eh, itu anak naik motornya keras banget. Pada nyupatanin, eh hari berikutnya dia jatuh. Nasib-nasib. Ya kalau bisa di jalan umum itu jangan keras-keras lah, kan kita ngga tau rumah yang kita lewatin itu ada yang sakit jantung atau bayi gitu. Kalau misalkan masih tetep mau kaya gitu ya udah pindah ke planet lain aja :)

8. Naik Motor Cewe Cabe-Cabean

Nah, kalau tipe ini gue paling seneng nih. Soalnya ya buat cuci mata aja hehhe.. Engga lah, jadi tipe ini biasanya cewe boncengan cewe pakai baju ketat dan celana mini. Biasanya ngobrolnya keras, sasmpai saya dengar. Ini cabe bener-bener pedes loh. Tapi lama-lama juga cabe itu busuk dan muncul bibit baru, anak SMA lulus, anak SD masuk SMP. Nah itu..

Ya buat orang tuanya, tolonglah diawasin anak-anakanya. Itu auratnya bukan sih? #heran

9. Naik Motor Bebek Sambil Pacaran

Nah, gue biasa liat ini baik cewe maupun cowonya ngga cakep-cakep amat lah. Tapi si cewe meluk dari belakangnya seret banget. Itu cewe sebenernya pengin mesra atau takut jatuh sih. Hahaha.. Tapi si terserha yang depan, kalau pengin dipeluk ya ngga usah dilepasin.

10. Naik Motor Sport Sambil Pacaran

Nah, ini yang udah muali muncul nih, lewat depan rumah gue. Si cowonya si gue rasa ngga ganteng-ganteng amat, tapi cewenya bro.. super chuantik tenan. Yang namanya motor sport otomatis yang bonceng ndempel banget kan kedepan. Yah, motor tipe ini biasa gue bilang motor modus :)
modus, cewe naik motor
Modus :)
Ya, itulah tipe-tipe orang naik motor yang pernah lewat di depan rumah gue. Sebenernya masih banyak sih, tapi gue tulis 10 saja.  Kalau misalkan ada yang kurang, lebih atau ngga terima, bisa komentar dibawah. Saya akan perbaiki bro.

Kita sebagai penguna jalan, kita harus patuhi lah rambu-rambu dan aturan yang sudah berlaku. Biar berkendara tenang dan bisa aman. Ok gaes.

14 comments:

  1. Ternyata agan mengamati juga ya sama hal-hal kayak beginian. Salut deh bang, jadilah pengamat yang baik dan bijak

    ReplyDelete
  2. hati - hati tu yang naiknya ngebut.nanti bisa berabe
    http://amin-tkj17.blogspot.com
    command back gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau ngebut mah lupa sekitar...
      sip komen balik meluncur

      Delete
  3. Muke gile Cabe high Classnya gan :genit . Bisa tu di bawa pulang di campur ikan teri pasti sedap. kwkwkwk
    jangan lupa komen back
    http://cinemajomblo[.]blogspot[.]com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... lupikir bawa cabenya gampang :) hhahahaa...

      ok komentar siap meluncur

      Delete
  4. Segitunya mengamatin hal yg dianggap kecil oleh kebanyakan org
    Apa bedanya orang perempuan dan motor perempuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bang, kan gue sering banget liatinnya. :)

      Beda perempuan sama motor perempuan?

      , kalau motor perempuan ya enak dinaikin cewe. kalau perempuan enak dinaikin cowo hahahha.. bener ngga bang?

      Delete
  5. kalo ane jok belakang selalu kosong mblo .muehehe
    mampir ke http://berkahmembaca.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu mah bukan masalah motornya, tapi elunya aje hahaha

      Delete
  6. Hahaha....kocak jg analisa lo gan lumayan mnghibur lah..

    ReplyDelete
  7. Agan ini Sudah banyak survey kayaknya y :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau gue kan surveynya bener :) ngga kaya cak lontong hahaha

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung. Tinggalkan komentar anda.

© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.