Explore Kalibening, Banjarnegara

curug sinom indah, curug sinoman, curug banjarnegara, obyek wisata banjarnegara, wisata banjarnegara

Selamat siang bro sis. Sory udah lama ngga ngepost nih. Udah nungguin cerita-cerita amazing dari gue ya. Hehe.. OK kali ini gue mau share cerita gue waktu gue mengexplore Kalibening.
Kalibening, merupakan salah satu dari 20 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara. Letaknya di bagian utara Banjarnegara, sehingga termasuk dalam kawasaan yang memiliki suhu dingin.

Kenapa gue bisa nyampe ke Kalibening? Nah, diakhir pekan kemarin (9/5), gue udah punya rencana bakal ke Kalibening nemuin temen SMK gue, namanya Rendy. Rencananya emang baru cuma ingin ketemu dan ngobrol-ngobrol, soalnya dia udah ngga bekerja lagi. Harapannya setelah ngobrol tetek mbengek, dia bakalan nemu pekerjaan gitu.Tapi, kelihatannya ngga asik banget kalau jauh-jauh cuma buat ngobrol doang. Dan gue nyari di google informasi mengenai tempat wisata di Kalibening. Dan gue nemu cuma 2 yaitu, curug Sinom Indah dan Pemandiang Air Hangat.

Seminggu sebelum ngetrip, gue ngajakin temen gue Rilas buat nemenin gue ke rumah Rendy. Sampai di hari Sabtu, gue jemput dia di rumahnya, ternyata dia lagi main game Dota -_-. Gue nungguin sebentar dan sekitar pukul 09.00 kami berangkat. Kami sempetin sarapan dulu di Bakso Urat Lembu langganan kami :) di Pasar Mandiraja. Terus gue mampir dulu ke rumah Kurnia, temen SMK gue juga. Soalnya dia bilang juga ingin ikut. Ternyata dia ngga ada di rumah, katanya lagi kerja -_-.

Di perjalanan, kami melewati jalan yang longsor, sebagian diperbaiki dan ada "jalanan yang seperti sungai kalau lagi ngga ada airnya" (kali asat). Kebetulan saya belum mahir naik motor laki, jadi kadang-kadang motor mati saat menanjak. Dan temen gue dengan siap siaga menahan motor.  Sempat kami berhenti sejenak di dusun Jemblungan yang waktui itu terjadi longsor. Sejenak kami mengirim doa kepada para korban.
sijemblung, longsor banjarnegara
Berdoalah untuk korban Si Jemblung, Alfatihah
Sebenernya saya juga belum pernah ke rumah temen gue yang di Kalibening itu, makanya gue suruh ketemuan di Karangkobar. Dan akhirnya bertemu dengan dia juga pas lagi di Alfamart Karangkobar.

Perjalanan ke rumahnya ternyata masih jauh, jalan naik turun, tak beraspal dan jalanan yang sempit. Tapi pemandangan disepanjang jalan tadi sangat indah, ada bukit yang terdapat batu-batu besar dan juga menjadi objek wisata telah menghilangkan rasa lelah selama di perjalanan.
kimpul, ubi talas
Makanan dari ubi talas (kimpul)
Sampai rumah si Rendi, kami sejenak istirahat dan menyantap hidangan lezat yang disediakan. Dan setelah sholat Dzuhur, kami mulai ngtrip ke tempat wisatanya.

Perjalanan dari rumah temen gue di desa Kalibombong menuju Curug Sinom Indah lumayan jauh, sekitar satu jaman. Sejenak kami berhenti dan berfoto-foto di hutan pinus yang cukup luas dan indah. Belum ada tempat berteduh disana. Mungkin kalau yang ingin mengembangkan lokasi itu bisa tuh.
hutan pinus, pinus, kalibening, hutan Banjarnegara
Hutan Pinus Kalibening
Rendy Evan Joni, Aran Setiadi, Rilas Agung
Rendy, Aran, Rilas
Perjalanan lanjut menuju Curug Sinom Indah dan kami memarkirkan motor kami lanjut 200m jalan kaki menuju curugnya. Ternyata curugnya Shugoi~ tidak terlalu tinggi memang, tapio sudah dibikin rumah-rumahan dan pondasi di sekitar curug. Saat kami kesana ada sekitar 10 orangan yang ada disana. Ada juga yang sedang berpacaran tidak level disana.
Gerbang menuju Curug Sinom Indah, Kalibening
Curug Sinoman
Si Gundul
Pose Ter Absurd
Setelah puas menikamti dinginnya air dan berfoto-foto, kami lenjut ke kebun teh yang jarakanya tidak jauh dari curug. Tapi masih harus naik sepeda motor. Ternyata kebun tehnya luas, ngga kalah sama yang disana-sana. Tapi sekali lagi, belum begitu terkelola tempat wisata yang mahal ini. Padahal kalau dikelola pasti bisa mendatangkan profit buat daerah.
kebun teh, teh banjarnegara, kebun teh kalibening, agro wisata teh, wisata banjarnegara
Mirip orang-orangan sawah belum?
Jangan ngaku udah wisata ke Kalibening, kalau belum foto di sini. " Pohon Kehidupan"
Ditemani grimisnya hujan, kami pulang melalui jalur yang kami lewati tadi, dan berhenti di pemandian air hangat untuk mandi. Lokasi ini sudah cukup diemek oleh masyarakat, tetapi mungkin kurang campur tangan pemerintah. Padahal dalam bayangan saya, ini bisa diperluas air hangatnya dan fasilitas bisa dimaksimalkan. Soalnya, berada di pinggir sungai dan bukit yang sangat indah.
kalianget, air hangat, wisata banjarnegara, objek wisata, visit banjarnegara, kalibening
Kalianget Kalibening
Kami telanjang dan mandi disitu, airnya memang hangat, tapi ya itu tadi. Ayo dong pemerintah bantu perbaiki obyek wisata ini.

Setelah puas mandi kami sejenak mengisi perut kami di warung dekat parkiran itu. Dan lanjut pulang.

Sampai rumah kami masih sempat sholat ashar dan beristirahat. Di rumah Rendy, kami saling tukar informasi dans haring-sharing sambil mengingat-ingat kejadian konyol semasa sekolah. Dan akhirnya tidur menutup semua.

Pagi, sekitar pukul 07.00 kami pulang tidak melalui jalur yang kemarin. Soalnya jauh dan rusak. Akhirnya kami melalui jalur alternatif, sampainya di Banjarmangu. Awal-awal jalannya sangat curam sekitar 40 derajat. Dan lama-lama landai dan kami sempat berhenti di sungai yang batunya besar-besar. Sempetin foto dulu. Dan perjalanan lanjut sampi rumah. Sungguh perjalanan yang luar biasa dan menegangkan sekali di Kalibening.
sungai watu gede, sungai kalibening, kali kalibening
Sungai Watu Gede
Makasih Rendy dan keluarganya udah menjamu kami. "Ayo Lik Tejo, mandan dilirik niku Pak, apik lo :)"

A photo posted by Aran Setiadi (@aransetiadi) on

More foto check instagram ==> @aransetiadi

Pokoknya buat para manusia-manusia Banjarnegara, kalau mau jalan-jalan, jalan-jalan dulu di Banjarnegara. Terus foto yang bagus dan upload ke sosmed, biar manusia-manusia dari daerah lain pada tau dan wisata di Banjarnegara. "Visit Banjarnegara" jangan cuma jadi slogan aja. OK..bray sis

#NB: Untuk traveling selanjutnya, saya akan mengexplore tempat-tempat amazing di Kecamatan Pagentan. Ada yang mau ikut? Atau Saran? Komentar ya.

2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung. Tinggalkan komentar anda.

© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.