Mas, Kantong Plastiknya Berbayar Rp 200 ya

Halo jones jones diseluruh dunia dan para pembaca setia blog gue. Hehe.. Nepatin janji nih, setiap malem Minggu gue bakal posting buat nemenin kalian semua haha. 

Oke, sebenernya malam ini ada event JKT48 Request Hour 2016. Tapi tetep ngepost sambil nunggu acaranya mulai. Kalau mau live streming bisa nonton di sini (www.jkt48rh2016.com). 

Dan malam ini ditemani rintikan hujan manja, gue bakal posting tentang kantong plastik yang sekarang bayar. Iya berbayar Rp 200. Dan udah diterapin sejak seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 21 Februari 2016 oleh Bapak Presiden kita Joko Widodo waktu di car freeday di Bundaran HI. Di hari itu juga merupakan Hari Peduli Sampah Nasional. Jadi, memang program yang luar biasa banget nih karena efeknya sangat bagus untuk mengurangi sampah di lingkungan kita.

Nah, program ini baru berjalan bagi ritel-ritel resmi di Indonesia yang jumlahnya menurut berita sekitar 35 ribuan. Wow fantastis.

Bayangan aja, jika orang mikirnya gini:
"Ah, plastik aja bayar, besok bawa kantong sendiri ah."
"Ah, ngga usah diplastikin, lumayan Rp 200."
" Ngga usah diplastikin mba, langsung aku masukan tas aja."
Pasti penggunaan plastik akan menurun drastis.

Tapi tetap aja kalau orang-orang yang kaya yang ngga mikirin lingkungan, pasti bakal bilang:
"Ah, Rp 200 aja, ngga papa."
"Ah, sekali-kali ngga papa."

Ya, semoga program ini bisa berjalan terus dan menyebar ke toko-toko lain juga. Ngga harus retail. Kalau di pasar, plastik-plastik juga bayar, bahkan ada yang Rp 1000. Gue pernah nemenin mama gue.

Malah ada pihak yang mengatakan kalau Rp 200 itu terlalu murah efeknya ngga besar. Kenapa ngga Rp 1000 sekalian?

Nah, mungkin menurut gue, akan secara bertahap dinaikan jika efeknya nanti bagus. Malah gue nyaranin, kalau di setiap ritel-ritel itu juga menjual totebag atau semacamnya yang ngga sekali pakai. 
Terserah pemerintah juga si mau gimana hehehe..

Kemarin gue ke Indomart beli sesuatu lah. Dan pas di kasir. Kasirnya bilang, "Mas, barangnya mau di plastikin?" Gue Jawab "Iya jelas, aku mau bawa pakai apa?" Mbanya bilang "Tapi bayar Rp 200." Gue jawab lagi "Kirain yang bayar cuma di Jakarta." Dia bilang lagi " Gimana mas?" Gue jawab "Ya iyalah mba, masa gue harus nyari-nyari plastik di tong sampah."

Dan untuk kedepannya gue bakal bawa tas kalau mau belanja. Inshaaallah kalau ngga lupa.

Nah, intinya kita harus dukung semua program pemerintah selagi itu hal baik. Tapi pemerintah melaksanakan sesuatu ngga mungkin cuma asal-asalan, main-main pasti sudah dipikirkan matang-matang.

Jadi jangan mikir harganya yang cuma Rp 200. tapi mikir efeknya buat lingkungan kita. 

Tapi: Plastik Indomart bisa hancur sendiri. Itu gimana tuh? Dududududu lalalalala :D


38 comments:

  1. Ane pake karung dari rumah pas belanja ke supermarket :b

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gila anjir. masa cowo bawa karung hahaha... tapi gokil. ngga apapa. yang penting ngga pakai plastik kan?

      Delete
  2. hahaha.. daerah bengkulu rata2 supermarketnya belum ada sistem bayar kantong plastik :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, semoga cepet menyebar sampai Bengkulu hahaha... biar kamu juga bayar. Biar kamu bawa karung dari rumhan hahahaha :D :D

      Delete
    2. nggak usah terlalu dipikirinlah :v

      Delete
    3. kita sebagai generasi muda. ya harus memikirkan. setidaknya memikirkan, kalau actionnya mah nga bisa sendirian. hehehe...

      Delete
  3. Bawa sendiri kantongnya yg bnyk gan sekalian dijual murah aja gan 100an, beli 10 gratis 1 ntr wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener juga. jualan di depan indomart. Sip sip. peluang bisnis yang bagus di tahun 2016 nih hahahaa

      Delete
  4. Kalo gitu mending bawa dari rumah yak ? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro. bawa karung sekalian kalau belanjanya banyak hahaha...

      Delete
  5. Ane peduli sama lingkungan, jadi kalo belanja pasti bawa tas belanjaan sendiri. Kalo bisa jangan Rp.200 tuh terlalu murah, mending pasang tarif Rp.2000 kayak parkir

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul juga bro... emang Rp 200 saya rasa juga terlalu murah. Mending beli kantong satu yang awet malah bisa ngirit bertahun-tahun. perlu ada sosialisasi secara merakyat. sip!

      Delete
  6. dari pada beli mending bawa sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jelas bro... tapi lu bawa sendiri ngga? heheh...

      Delete
  7. Kebetulan kota saya belum kebagian sistem bayar kantong plastik, maklum kotanya agak pelosok :v btw sy setuju sm agan langkah pemerintah emg harus disupport :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. semoga merambaha juga ke daerah kamu. support terus pemerintah sip!

      Delete
  8. seharusnya di mahalin lagi ke 1000 atau 2000. biar pemakaian pelastik bisa berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa pemerintah malah buatin kantong yang awet SNI dan setiap rumah dikasih 1-1. Pasti bagus... tuh. :)

      Delete
  9. lah kalau gitu mending bawa plastik sendiri 200 mah besar bagi saya kalau di kumpulin lama lama jadi bukit eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya. bukit uang. hahaha... tapi emang kalau berapapun nominalnya, kalau dikumpulin bakalan banyak :)

      Delete
  10. mending bawa karung aja :v
    bisa karungin mbaknya juga :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. anjiiirrr... CCTV di minimarket dimana mana bro.. mending elu yang pake karung terus mbanya diculik hahaha

      Delete
  11. Sudah waktu nya Indo jgn manjakan dengan kresek, apalgi dengan nilai 200.. kalo memang sudah peraturan, ya kita mau gak mau hrs ikut juga.. mungkin hanya kebiasaan yang belum bisa move on.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Tinggal tergantung orangnya juga si 😀

      Delete
  12. biar lebih hemat bawa karung gan kan muatannya banyak :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tapi pasti malu hahahaa.. solusinya bawa tas aja

      Delete
  13. Replies
    1. Tapi masa beli eskrim dimasukin karunga :D

      Delete
  14. Hahaha mending bawa sendri aja dari rumah yang banyak gan. Biar hemar asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. dijual sekalian ke orang2 . kamu standby di deket kasir :D

      Delete
  15. menurut gue ini program yang bagus.. sekalian buat ngurangin penggunaan sampah plastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro. tapi plastik alfmart indomart kan bisa hancur sendiri?

      Delete
  16. 200 perak kurang mahal...
    kenapa dikenain 200 perak yah?
    Kenapa ditiadakan aja sekalian dan diganti kantong kertas yang kayak di negara barat sana? Kertasnya, kertas daur ulang. Daripada banyak sampah, ya kan...?
    Pendapat doang sih ini..
    Tapi selama ini alhamdulillah belum keluar duit untuk beli plastik. Masih inget bawa kantong sendiri dari rumah.

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan plastik alfamart bisa hancur sendiri

      Delete
    2. oooh plastik yang bisa ancur sendiri toh? O_o
      kayak yang di film mission impossible yak?
      Hancur dalam waktu 5 detik? :D
      hehehehhehe

      kalo ga salah namanya biodegradable plactic kan yak namanya..

      Delete
    3. ah kagak tau gua namanya hahaha... yang jelas plastik itu horor :) hahahaa

      Delete
  17. Sempet bingung waktu pertama kali plastik bayar di terapin, nanti klo mau beli bakso gimana ? beli soto ? beli bubur ? xD

    Watch box office

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gampang tinggal baksonya aja yang dikurangin

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung. Tinggalkan komentar anda.

© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.