Bayar Pajak Tahunan Kendaraan Bermotor di Samsat Banjarnegara, Ngga Ribet Coy

samsat, samsat banjarnegara, loket, samsat online
Samsat Online Banjarnegara

Assalamualaikum gaes. Alhamdulillah ya kita masih diberi kesehatan sampai saat ini. Mau sedikit curhat nih, jadi tadi aku kondangan ke Majenang, Cilacap. Nah, aku dari Purwokerto berempat pakai mobil temen aku. Di perjalanan, mobil mogok pas di tanjakan. Jadi , sempet dorong-dorong tadi. Dan berikutnya mogok lagi-mogok lagi. Saat perjalanan pulang pun, masih mogok-ngga-mogok sampai akhirnya berhasil diperbaiki pas hampir sampai kantor lagi. Ya kira-kira mogok ada 10an lebih lah. Jangan dibayangin, nanti ikutan cape. Hehehe... 😃

Kembali ke leptop!😛

Bayar pajak kendaraan memang sudah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Tapi yang kadang-kadang belum sempet atau mungkin belum ada uang. Jadi, kita terlamabat bayar pajak. Yang sebenarnya ngga boleh juga telat, karena ngga baik juga. 

Akhirnya setelah 5 bulan aku telat bayar pajak, alhamdulillah hari itu bisa bayar juga. Jadi, sesuai judul, aku itu bayar pajak motor di samsat Banjarnegara. Jangan tanya "kok ngga samsat keliling aja?", ngga, saya bayarnya sengaja di kantor samsat. (titik).

Senin kemaren, aku kebetulan libur, habis piket malem soalnya. Jadi aku pulang ke rumahku di Kalimendong, Banjarnegara. Memang, sudah berniat untuk bayar pajak, kebetulan pas libur, kan samsatnya ngga libur. 

Aku ke samsat bareng sama Mama aku. My lovely Mom,💓 naik motorku yang akan dipajek. Bersiap dan cus langsung otw ke lokasi.  Sampai di lokasi parah bukan main. Hari pertama setelah libur panjang, banyak banget yang bayar pajak. Parkiran di depan kantor penuh. Tukang parkirnya banjair duit nih. Aku sudah beberapa kali bayar pajak di situ. Jadi sudah tau alurnya gimana. Dan untuk motor Verza saya ini, baru 2 tahun majeg.

Perlu kamu ketahui nih...
Undang Undang Negara Republik Indonesia No 22 Tahun 2009, di antaranya pada Pasal 288 ayat (1) berbunyi, "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (Lima Ratus Ribu Rupiah)."

Jadi begini proses bayar pajaknya, jangan sampai kamu luntang-lantung di samsat ya..


Datang ke Samsat dulu lah

Tentu kamu harus datang ke samsat. Usahakan bayar sendiri aja, buat pengalaman dan uji kesabaran. Kalau belum tau lokasinya, dari alun-alun lurus terus sampai lewatin 2 lampu merah, kantornya sebelum lampu merah ke tiga persis, kiri jalan. Kalau dari arah timur, setelah makam Sureng Yudha ada petigaan lampu merah, lurus ngelewatin lampu merahnya, kemudian riting kanan.

Kalau alamat resminya ini: 
JL. S. Parman, No. 143, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53412, Indonesia
UP3AD Dan Samsat, Alamat

 

Fotokopi KTP dan STNK dulu bro...

Jadi, dari rumah kita bawa KTP dan STNK saja, tidak perlu BPKB. Kita bisa fotokopi dulu dari rumah, terus dimasukan ke map, warna kuning biasanya. Tapi, misal ngga sempet fotokopi, kalian bisa ngantri di sebelah kiri gerbang masuk, yang sebelah warung makan. Disitu ada map juga. Cuma bayar 2 ribu waktu itu. 
pajak, samsat, berkas, ktp, stnk
Berkas di map kuning

Ambil nomor antrian dulu ya...

Selanjutnya, kita menuju ke loket. Lokasinya di gedung yang kanan. Jalan aja kesitu, terus ambil nomor antrian. Waktu itu ada sumbangan untuk PMI juga. Jadi petugasnya itu dari PMI. Mungkin alat otomatis yang antrian itu rusak. Jadi, manual gitu. Tapi ya cepet, ngga perlu ngantri disitu.
pmi, tiket, karcis, sedekah, iuran
Ini bukan pungli ya,
nomor urut, loket, antrian
Jam 9nan aja udah segini

Duduk sante sambil nunggu di panggil

Setelah itu, kita masuk dan duduk. Tempat duduknya empuk, nyaman dan ber AC. Apalagi ada TV juga, jadi ngga bakalan bosen berjam-jam nungguin. Nah, setelah nomor kamu dipanggil di loket penyerahan, loket sebelah kiri. Berkas yang di map tadi diserahkan ke petugasnya. terud duduk lagi sambil nunggu panggilan dari loket 2.
samsat, samsat banjarnegara, loket, samsat online
Duduk manis aja, sambil dzikir
Setelah data, diinput berkas akan di serahkan ke loket 2. Disini kamu nanti dipanggil lagi. Dan di loket ini kamu bayar uang sejumlah yang tertera di  kwitansi STNKnya. Setelah bayar, kamu duduk lagi, dan tunggu panggilan dari loket ke 3, loket terakhir. Di sini kamu akan dikasih semua isi berkas tadi. Ada KTP asli kamu dan STNK depan belakang.

Dan setelah selesai, kamu bisa pulang hehehe...

Tips dari mamas😋

  • Kalau datang ke samsat itu harus pagi-pagi. Biar ngantri ngga ngekor. 
  • Kalau parkir motor jangan yang susah-susah, pinggiran aja.
  • Bawa makanan ringan, buat ngemil pas ngantri.
  • Waktu duduk ngantri di loket, usahakan kamu di tempat duduk di tengah dan depan sendiri. Jadi ngga perlu jauh-jauh pindah ke antar loket.
  • Kamu ke samsat, kalau bisa bawa temen atau orang lain. Jangan sendirian kaya jomblo. Temen kamu tugasnya ya jagain tempat duduk kamu. Jangan sampai pindah ke orang lain hahaha... ya, enak lah kalau berdua ngga bosen.

spinner
Jangan lupa bawa mainan, biar ngga bosen
Jadi, udah paham kan bayar pajak mudah di samsat. Jadi, jangan ada yang bayar pajak terlambat lagi ya.

Tinggalkan komentar di bawah ya...
👇👇👇👇👇👇

No comments

Terimakasih sudah berkunjung. Tinggalkan komentar anda.

© Aran Setiadi since 2014. Powered by Blogger.